Oleh: sugiyantokenz | Februari 9, 2012

MENGENDARAI SEPEDA MOTOR DENGAN SELAMAT

ini Pengalaman Pribadi Waktu Saya diSite projek (Bukan gambar diatas lho hanya ilustrasi) Membahas tentang Bagaimana mengendarai Sepeda Motor dengan Selamat kira2 seperti dibawah ini :

TINGKAH LAKU YANG AMAN, BENAR & BERTANGGUNG JAWAB

Dalam Kamus, istilah Sikap adalah model atau cara berpikir. Cara berpikir yg benar dalam mengendarai kendaraan artinya pikirkanlah cara mengendarai motor anda sebelum anda mengendarainya.

Pikirkan sejak awal bagaimana mengemudikan kendaraan sebelum anda membeli sepeda motor! Nilai tingkat ketrampilan anda, sesuai atau tidak dengan motor impian anda? Apa anda masih perlu pengalaman atau pelatihan yg lebih baik lagi? Jika ya, dapatkan pengalaman lapangan tersebut dan jauhi dari bahaya tambahan di jalan terbuka. Dan pastikan kemampuan mental & fisik anda.

Pelatihan yg baik jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan mengganti bagianbagian kendaraan yg rusak ketika kita mengalami kecelakaan mengendarai kendaraan karena kurangnya pengalaman.

Sikap yang benar diperoleh dari pelatihan akan mengajarkan kepada kita bagaimana cara mengemudi kendaraan dengan aman dari hari ke hari dan tahun ketahun daripada melalui cara uji-coba (trial & error)

Jika kita ingin memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi jangan lakukan di jalan umum. Bergabunglah dengan club balap dan lakukan di arena pacu yang telah disediakan.

Get Your Gear On/ GUNAKAN PERLENGKAPAN ANDA

Pakaian yang benar akan membantu melindungi diri anda melalui 2 cara-mudah terlihat dan melindungi dari tabrakan.

Yang pertama, Kelihatan/mudah terlihat. Penggunaan perlengkapan dan helm yang cukup terang/pandangan menjadi jelas. Jika anda menggunakan perlengkapan yg cukup gelap mungkin pada beberapa kondisi anda tidak dapat melihat dengan jelas. Yang kedua, pikirkan kulit anda. Penggunaan perlengkapan walaupun dalam perjalanan yg pendek sebab kebanyakan tabrakan terjadi pada jarak sekitar 5 km dari rumah

Patuhilah Rambu & Peraturan berlalulintas

Mematuhi peraturan berlalulintas bukan hal yang mudah rupanya bagi sebagian Orang diindonesia. diantaranya berhenti dibelakang garis ketika lampu lalulintas menyala merah dan Berjalan kembali ketika lampu telah Hijau, mematuhi Rambu2 yg ada disekitar, menghargai penyeberang jalan, parkirkan kendaraan anda pada tempatnya/tidak di badan jalan dll. namun hampir setiap hari jika kita lihat dijalanan ribuan pelanggaran yg terjadi namun sudah menjadi pemandangan yg umum.

Scan, Anticipate and Respond/Pengamatan, Antisipasi dan Tanggap

Pengamatan terhadap bahaya dan mengantisipasi kesalahan apa yg mungkin akan terjadi ketika anda mulai menuju ke jalan raya. Bukan hanya melihat saja, tetapi penentuan yg cepat akan bahaya yg mungkin.

Anda harus memahami pengendara yang lain dan juga pejalan kaki. Anda harus konsentrasi dan memperhatikan gelalgat tingkah laku mereka. Dan sekali anda dapat mengantisipas bahaya yg mungkin terjadi, perlu tanggapan yg cepat – jangan tunggu sehingga terlammbat.

Perhatian yg detail, khususnya hal-hal yg memungkinkan dapat mengakibatkan bahaya, adalah tehnik yg teraman yg diperlukan sebagai pengendara yg baik. Mengembangkan sesuatu yg rutin atau system untuk mengapati jalan yg berada di depan dan memeriksa kaca spion setiap 3-5 detik. Kendaraan yg cepat mendekati dapat juga menimbulkan bahaya.

Antisipasi sesuatu yg lain yg tiba-tiba lewat dan kesalahan. Perhatian terhadap pengendara lain dan pejalan kaki yg menyelonong ke jalan anda sebab mereka tidak melihat atau mereka pikir kita akan menghindarinya. Persiapkan respond (tanggapan) sebelumnya untuk menyiapkan waktu yg banyak agar terhindar dari bahaya. Jika ragu, segera injak rem dan berhenti.

SPEED=Space and Time (Kecepatan = ruang dan waktu)

Sepertinya terlalu berlebihan, tetapi mengendarai dengan kecepatan diperlukan sesuai dengan area dan kondisi. Dan tetaplah dengan batas kecepatan. Semakin cepat maka semakin jauh jarak untuk berhenti dan semakin sedikit anda punya waktu untuk merespond bahaya.

BE PATIENT (Sabar)

Jika anda sudah mengira pengendara lain dan pejalan kaki akan membuat kesalahan, tentunya anda tidak ingin terganggu dengan apa yang mereka lakukan. Pengendara yang baik adalah pengendara yg sabar. Yaitu pengendara yg memperlakukan pengguna jalan lainnya dengan rasa hormat- Seperti juga yg ingin mereka lakukan.

Act With A Clear Head (bertindak dengan pikiran yg jernih)

Ketika sedang dalam pengaruh alkohol atau obat-obatan, reaksi anda akan lambat sekali dibandingkan ketika sedang dalam kondisi yg biasa/ tenang. Keseimbangan, kemampuan mengamati dan gerak reflek anda tidak dapat memberikan reaksi cepat pada keadaan yg berbahaya.

Kendalikan kemarahan/ temparemen anda di jalan ketika sedang mengemudikan kendaraan. Jika anda dalam keadaan marah, kondisi ini hanya akan menyebabkan kekacauan dan menempatkan diri anda dalam resiko. Jaga ketenangan dan hindari tabrakan.

SEDIAKAN RUANG UNTUK MENGHINDAR

Tingkah laku yang benar berarti menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya. Dalam keadaan jalan kering, kita memerlukan waktu sekitar 3 detik ruang antara dari kendaraan yang ada di depan agar mempunyai waktu cukup untuk berhenti, menghindari lubang atau bahaya lainnya yang ada di jalan. Untuk kondisi jalan basah, kita membutuhkan waktu 6 detik karena roda kendaraan tidak begitu kuat mencengkeram jalanan.

Untuk menentukan jarak antara 3 atau 6 detik dengan kendaran yg ada didepan mudah untuk melakukannya. Terlebih dulu tetapkan suatu titik atau tempat sebagai acuan di bagian jalan yang dilalui kendaraan dimana sebelumnya telah mendahului kita. Kemudian mulailah menghitung – seribu dan satu – seribu dan dua – seribu dan tiga. Jika roda depan anda telah melewati titik atau tempat yg anda tetapkan sedangkan anda belum selesai menghitung berartI anda terlalu dekat dengan kendaraan tsb.

Anda juga harus memberikan jarak dari kendaraan yg berlawanan arah, mobil sedang parkir, pejalan kaki dan kendaraan di sebelah anda. Jalur yang akan anda lewati harus selalu anda perhatikan terlebih dahulu. Cobalah untuk menjaga jarak antara anda dan bahaya yg besar, dengan menghindari lubang jalanan, ceceran oli/minyak, batu dll.

Pengendara yg baik sering menghindari dari bahaya yg ada dijalur jalannya. Mereka mengamati jalan yg akan dilalui sehingga tersedia waktu yg cukup untuk menghindari bahaya besar.

Head Checks (Periksa ke depan)

Perhatian yang mendetail merupakan bagian dari pengamatan rutine yg menyeluruh. Hal ini termasuk memeriksa blind spot (area yg terhalang). Beberapa sepeda motor mempunyai blind spot yg lebih besar daripada yg lainnya.

Ketika merubah jalur, pertama-tama gunakan indicator (lampu sign) dan kedua, lihatlah kesamping dan check blind spot. Jika aman anda dapat berpindah jalur.

Beberapa bahaya bergerak dengan sangat cepat. Sebelum bergerak (Before moving off from the lights, check left and right for “red-light-runners”).

 

sebenarnya masih ada banyak lagi satu buku 50 lembaran lagi hanya saya ambil yg kira2 penting, semoga kedepan bisa saya update lagi.

salam, sugiy

 


Responses

  1. mantab, kumplit.. kurang sabar dan gagal menanggapi manuever lawan lah yg bikin ane kecelakaan parah bln lalu

    • Wah hati2 Bro kalau berkendara kadang2 terlalu ngotot malah bisa beresiko

  2. emang kalau dijalan terkadang kita dipaksa untuk berfikir dibawah 5 atau bahkan 3 detik…

    • Setuju Bro Makanya Kadang2 malah jadi arogan nggak mau mengalah

  3. matab kang..
    #ride with care n safety kang

    • Safety First Bro

  4. Mengalah demi keselamat diri sendiri dan orang lain

  5. BAGUS MAS..

    • nggeh pak suwun….

  6. Artikel PELENGKAP artikel di atas.
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/08/26-hal-wajib-untuk-para-biker.html?m=1

  7. mampir Bang…
    OBRAL podiuummm…
    http://nakawara.wordpress.com/2012/10/07/review-setahun-memakai-bmc-blade-200/

    liat-liat yang lain juga boleh…
    http://nakawara.wordpress.com/2012/10/05/bebek-ultra-sporty/

    http://nakawara.wordpress.com/2012/10/06/desain-abadi-itu-milik-ninja-150r/

    http://nakawara.wordpress.com/2012/10/06/modifikasi-yamaha-v-ixion/

    http://nakawara.wordpress.com/2012/10/06/pantai-widarapayung-part-2/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: