Oleh: sugiyantokenz | Maret 6, 2012

Servis Satria FU

sunset

Punya FU Gara2 Kesengsem Sama Honda Sonic Waktu Sekolah dulu tapi Nggak Kesampaian ya Sudah Pilihan Alternatif Lain Jatuh pada BELALANG MERAH FU, Sejak pertama meminang FU tidak banyak kendala mengenai motor ini bahkan sampai hari ini Saya gunakan masih Power Full, yang jadi Masalah dari Dulu sebenarnya hanya satu Bentuk Motor yang terlalu Kecil berbanding terbalik dengan Badan Saya yang tinggi 180cm tapi nggak apalah namanya pilihan dan juga Buat jalanan Macet diJakarta dan jarak yang ditempuh nggak jauh 30menitan dari rumah ke tempat kerja, perjalanan paling jauh Mudik Jakarta-Wonogiri th2009 tenaga lumayan sadis digeber dipantura jalanan lurus nan lebar waktu itu bisa mencapai 135km/h itupun berboncengan, Tak Terasa Memiliki Satria FU sudah 3th Lebih sudah waktunya Banyak Jajan dari Rantai Kateng, SIM, Rantai+Gear Set, Kampas Kopling, dan yang paling baru ganti Per Kopling Minggu yang Lalu pas tanggal muda hehehe😀.

Mungkin ada teman/rekan-rekansemua ada yang pernah Pengalaman dengan Satria FU monggo diShare. sebenarnya Saya sejak dulu selalu ke BERES Suzuki untuk urusan servis ringan, ada cerita Sedih Waktu Ganti Rantai Kateng + ganti SHIM/Tappet pada th 2011 lalu (saya Blm Punya Blog) ketika Itu Saya Service disalah satu BERES Suzuki yang ada di daerah Bekasi Barat Kebetulan Deket Rumah, alangkah Terkejutnya Saya Ketika Itu Gasket Penahan Chamshaft Patah Jadi Dua, saya Cari diBERESnya Partnya Kosong alias tidak ada, dan Anehnya Lagi mekanik Bilang Temen saya sesama Mekanik ada Yang Jual tanpa Mikir panjang Barang sesuai langsung Tebus, Baru sadar setelah Selesai diServis pulang sampai rumah Mikir : kalau mungkin Ternyata Ketipu Akal2an Mekanik terpaksa 250rb saya Tebus tuh Barang.

Part yang terbelah

Barangnya Jadi dua Nangis Bombay

Pepatah Mengatakan Pengalaman Ilmu/Guru yang Paling Penting yo wes Semenjak Saat Itu Saya Jadi Mikir2 Servis2 ke nggakBERES mending bengkel biasa yang kita Kenal daripada Duit Melayang Nggak Jelas. Berhubung Kopling sudah Gak Nendang dan  Slip padahal Kampas Kopling Sudah di Ganti ada Rencana Ganti Per Kopling Baru Biar agak Nendang & tidak Slip Lagi dapet Informasi dari Temen Ganti Per Kopling Smash saja yang lebih Panjang dan Gede biar tidak Slip Lagi Tapi Harus Ngelebarin Rumah Per di Rumah Kopling Dulu waduh ini Bukan solusi Wong Motor Cuman Buat Harian sudah lah Ganti yang biasa Saja dapetnya Merk Y.Y. Pang Ntar kalau Nggak Nendang Ganti Lagi Pengenya ganti yang DBS ato NUK 😀

Bongkar

Bongkar

Acak-acak

Acak-acak

Nemune Merek YY Pang

Nemune Merek YY Pang

Perbandingan

Setelah diganti Lumayan Nggak Berasa Slip Lagi, Sekian Dulu Bagi yang Punya Pengalaman Tentang Masalah Servis2 FU monggo diShare Sangat Berharga Bagi Saya.

salam,

sugiy


Responses

  1. pertamax
    wow sampek kebelah

    • Iyo Bro nebus 250, gak tau diapake kwi

  2. aku mudik numpak motor mung pisan thok.kuwi wae ndlosor neng solotigo.hihihi
    sampeyan asline ngendi mas?aku jatisrono

    • Wah aku yo wes ra mudik nganggo motor maneh Mas kesel mending numpak bis, Aku Asline Giritontro Mas MBATU ngidul cerak laut.

  3. wah waah…mekaniknya ndak bener kuwii…ngelepasnya ndak pake aturan ntuh…pasti muleet laah…lok ngelepas sakkarepe udele dewee…ndak pernah diajarin ntuh…kalo aq yo tak balikkan ke yg bongkar mas…lah salah prosedur pelepasan kok bukan karena pemakaian…

    • nek koyone sengaja Mas soale mau njual barangnya temenya nggak tau mungkin bagi hasil atau apa, nggak mungkin kalau Pemakaian Bisa Patah Aku juga sempet Ngeyel tapi ya apa boleh daya Barange wes rusak

      • wah… Nek aku langsung tak cari umahe mas, bali kerjo cegat ndalan sapu ngenggon. Gak ngatasi ngundang bolo…

  4. parah bner tuh, mngkin mencba mencari bngkl pas.. keep rajin ngerawat si belalang tempur..

    • Iya Mas Kadang Bengkel Resmi malah Akal2an saja Sama Mekaniknya, Bukti kalau 3S suzuki belum Bener

  5. Bro itu service besar sama penggantian partnya abis berapa (you know lah takut kena akal-akalan BERES) ?
    FU dirumah udah lebih dari 5 tahun, waktunya diruwat.

    Thanks

    • Saya Servis Besar ke Bengkel Biasa Bro, aku nanya Kalau ke BERES yang tempatku servis diatas katanya 500an Bro, ke bengkel biasa paling setengahnya tergantung Part yang Diganti, Tapi Bengkel biasa juga jangan bengkel sembarangan Bro Cari bengkel yang sudah biasa nangani FU, Bengkelnya tanya2 saja anak2 SSFC/ di satria FU Forum Kaskus

  6. Pengalaman gw kalo pegangan keteng patah biasanya gara2 salah prosedur ngebukanya, jd lobe (bumbungan/tonjolan) camshaft blom di posisi aman/bebas buat dibuka, jadinya camshaft nya pas dibuka mental krn kedorong per klep, trus ngebentur pegangan nya itu sampe patah.. harusnya ya sbelom dibuka bautnya, magnet itu diputer dulu sampe camshaft n piston di posisi TMA (titik mati atas) baru aman buat dibuka baut nya.. Complain aja tuh sm mekaniknya ! Human error..

    • Thanks Bro Ilmunya, saya Berfikirnya Juga Begitu Salah Prosedur Pembukaanya bukan masalah Lain

  7. Gw pake BERES paling pada masa service gratis aja lumayan😀
    Abis tuh service ke bengkel langganan aja yg udah kenal lebih murah,enak bisa dikompromikan,bisa ikut nimbrung lihatin proses kerjanya

    • Sip Bro Mending kebengkel Biasa yang Kita KEnal

  8. wduh tulisannya besar kecil jd bingung bacanya ,

  9. wes jan nek bener dikerjain ma mekanik perlu dikomplain tu ms,klu ga mempan ke mekanik langsung aj ke manajernya ms…untuk pir kopling qu pakai inspiro ms, lmayan ud 2 tahun nendangnya masi keras aj..

    • aku awalnya nggak berprasangka kalau dikerjain, tapi kalau nggak dikerjai nggak mungkin dia sudah siap dengan part yang ada, nggak sempet berfikir panjang untuk mengadukan mas yo we akhirnya saya tebus langsung, Tak coba mas ntar pakai inspiro soalnya kemarin dapetnya hanya YY PAng ya sudah pakai dulu apa adanya.

  10. om klo satria mati total gmn? gak bisa d sela sama di starter?

    • waduh, pengapianya kali ituh gan coba cek busi, urut ke cdi

    • cek pengapianya dulu gan ada nggak bongkar businya untuk check

  11. Mas, kalo harga kaca lampu depan satriya fu berapa mas?

    • satria yang baru apa yang lama mas, kalau yang ori 400an yang lama, selengkapnya buka disini : http://eparts.suzuki.co.id/

      thanks

      • Yang baru, bkannya di tbel hrganya 80an mas?

      • untuk batoknya sama rumah lampu mahal mas, coba cek di dealer suzuki, soalnya di websitenya suzuki eparts juga tidak disebutkan, cek deh

  12. mas Sugi, mw nanya, satria ku ga mau nyala. wlw kontak dlam keadaan on tp indikator di speedometer tidak menyala. tpi klw rem tangan ditekan. lampu rem belakang hidup. masalah a ada dimana ya Mas?

    • check kabel elekticalnya mas biasanya kabel-kabel disekitaran T antara badan motor dan headnya, atau habis kehujanan motornya pernah ada punya temen motor kehujanan diparkiran pas dinyalakan nggak bisa speedo blank distarter nggak bisa

  13. wah pengalaman yang bisa dijadiin pelajaran nih.. sesama pemakai FU bisa saling tuker info nih…
    keep posting mas bro…
    cheers

    • suwun bro, bagi pengalaman aja bro karena spareparts FU itu gak ada yang murah😀

      • sebenere harga spare part FU relatif. gak mahal mahal banget klo dari harga resmi nya….. bisa di cek kok… http://eparts.suzuki.co.id/Default.aspx
        saya pernah beli gear ratio buat motor saya yang pecah akibat kena banjir tahun lalu, harganya juga sesuai kok,tapi barangnya pesen dulu selama 2 minggu, tapi pas baru 10 hari udah di kabarin kalo barangnya udah ada,
        klo pengalaman saya ganti per kopling bukan solusi yang baik,
        kejadian ini menimpa pada motor saya sendiri baru baru ini….
        ceritane ngene…
        merasa tarikan kurang respon, aku iseng ke bengkel spare part nanya per kopling, pas dipasang, bener tarikan mak nyussss…. tapi beberapa bulan kemudian……
        bearing matahariku ancurrrr… tutup mangkok kopling pun juga harus ganti….
        sekian dulu cerita pengalaman dari saya…

      • sekarang emang nggak mahal gan

  14. Hebat…!!
    Numpang share gan…jual satria >> http://www.dealermotorsuzuki.com
    Thx

  15. wallah cedak yo mas .aku wonogirine giriwoyo dan tahun ini insallah mudik naik fu mas.

    • hahaha iyo bero, aku dua kali mudik pakai FU seng mbonceng boyoke arep pedot rasane😀

  16. mas bro , ne’ mesin fu brisik , tarikan kurang , kwi leng harus diservice apane mas bro , n biaya service kwi anggaran piro mas ???

    • berisik coba check kamratnya sama katup biasanya minta ganti SIM (ganjel) di katup, kalau tarikan kurang check di koplingnya mas antara kampasnya sudah aus atau per koplingnya yang sudah tidak pegas lagi, ganti SIM satu bijinya 35 rebu x 4 kamrat 135nan, kalau mau ganti per kopling saya saranin pakai yang orisinil ajah jangan pakai racing kalau dibuat harian kalau pakai racing paling tahan 2-3bln ngempos lagi

      segitu dulu saran dari saya

  17. Makasih sharingnya mas.
    Mau nanya, kalau bengkel satria yang recommended di daerah pasar rebo dimana ya?
    Makasih sebelumnya.


Tinggalkan Balasan

Kategori

