Oleh: sugiyantokenz | April 3, 2012

hal-hal sepele yang bikin lalai dalam mengendarai sepedamotor

Mentaati peraturan berlalulintas adalah kewajiban semua pengguna jalan termasuk diantaranya adalah pengendara entah itu pengendara roda dua(sepeda motor), roda tiga(becak, bajaj, bemo dll :D) atau roda empat atau lebih(mobil, bus, truck dll). berikut ini saya sampaikan beberapa hal2 yang perlu diperhatikan jika kita berkendara: 

traffic light

  • Melanggar Rambu-rambu lalulintas : dikota2 besar seperti jakarta justru pelanggaran rambu2 lalulintas malah banyak dibanding didaerah mungkin karena saking banyaknya jumlah pengendara dibanding didaerah dan semakin semrawutnya jalanan ibukota, masih banyak pengendara yang buta dan tidak peduli akan rambu-rambu dan peraturan lalu-lintas. 
  • Lengkapilah standar Perlengkapan Berkendara : banyak pengendara yang mengabaikan standar perlengkapan berkendara salah satunya HELM, SPION, Lampu Rem Berwarna Merah, Lampu Belok Berwarna Kuning Dll.  

orang sibuk = sesibuk apakah anda

jangan ditiru yaaah dilakukan oleh orang yang berprofesi

  • Menggunakan Handphone : Banyak kasus menggunakan handphone sambil berkendara yang berujung pada kecelakaan akibat dari kelalaian karena telah asik hingga akirnya tidak memperhatikan situasi di jalanan, etikanya jika Kita ingin berkomunikasi dijalanan menepilah dan berhentilah keluar dari jalur berkendara atau Abaikan jika memang merasa tidak perlu. 
smokers on the way
  •  Merokok Dijalanan : merokok adalah hak pribadi seseorang tetapi jika kita sedang berkendara dan berlalulintas ada baiknya kita urungkan hasyrat kita untuk menghisap rokok sebaiknya cari tempat untuk menepi, jika sambil berkendara selain mengganggu konsentrasi berkendara juga kasian yang berkendara dibelakang kita selain asap rokok yang berterbangan tak luput abu rokok pun ikut berterbangan. 
ahem-ahem kalau mau nempel boleh-boleh saja yang penting ingat ini dijalanan
  • Bermesraan Sambil Berkendara : tidak ada salahnya jika ingin bermesraan tetapi alangkah baiknya jika bermesraan tidak dijalanan umum, kebanyakan dilakukan oleh para kawula muda yang lagi sedang jatuh hati dengan semboyan “DUNIA INI MILIK KITA BERDUA” maka kebanyakan tidak peduli dengan situasi sekitar kadang pelan2 di jalur cepat dan bahkan kadang malah sruntulan gak jelas suka2 sendiri, intinya jalan raya milik umum bukan milik pribadi. 

 

ngobroool cooy dikantin saja kayak gak ada tempat
  • Jangan Berkendara Sambil ngobrol dengan pengendara lain : pengen ngobrol dengan sesama teman usahakan jangan sambil berkendara karena jika anda ngobrol sambil berbaris seperti diatas secara tidak langsung badan jalan hanya untuk anda dan teman sementara pengendara lain juga membutuhkanya.
ini baru namanya ngamen dijalanan
  • Melakukan Aksi-aksi yang Nggak penting selama Berkendara : mungkin ini termasuk yang jarang sekali dilakukan oleh pengendara dijalan pada umumnya, sebenarnya banyak sekali aksi2 yang nggak penting diantaranya seperti gambar diatas, melakukan atraksi angkat roda depan di jalanan umum dll.

    ojek borongan

  • Berkendara Melebihi Kapasitas Penumpang : logikanya sepeda motor hanya berpenumpang dua orang tidak lebih karena selain kapasitas muat juga faktor keselamatan dan keamanan berkendara.

    balapan liar

  • Balapan di jalan Umum : jangan adau kencang dijalan umum jika merasa jago membalap sirkuitlah tempatnya, disisi lain menganggu pengguna jalan lain juga bisa jadi sebagai biang kecelakaan bagi orang lain.

sekian tulisan dari saya semoga bermanfaat, semua foto yang saya dapat sumber dari mbah google.

salam, sugiy.


Responses

  1. Mmm..tapi ini bukan hal sepele..lho

    • siiip

  2. kebiasaan masyarkat yg susah di ilangin.. Di lampu merah tu kebnykan pda gak sabaran…

    • iya mas bro, mungkin mereka2 yang menerobos saking sibuknya padahal gak jelas

  3. Foto sik lg kekepan, tangane pothoq

    • angeet2

  4. busseett,, ono to seng jek ngitar ?

    http://areeya2.wordpress.com/2012/04/04/virtual-honda-absolute-revo-dx-racing-look/

    • akrobat mas bro

  5. alay
    . tralis cuma seperti ini
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/04/tralis/

  6. hal sepele ? main gitar ? bujug, alai ababil aja ga ada yg begitu:mrgreen: hihi

    • dilakukan oleh Ahli Mbah makanya nggak bisa disepelekan terimakasih sudah mampir

  7. nglirikin cewe pake hot pants jg bahaya..hha

    • wahaha kalau sampai lirik melirik bahaya tuh😀

  8. Sering terjadi di Lalu lintas Masyarakat Indonesia nih, Kalo saya paling sebel ketemu yang lagi telponan/sms an atau lagi ngerokok kalo lagi naek motor, kaya ga ada tempat dan waktu lain aja, hehe….

    Salam kenal🙂

    • Bener juga Pak, orang sering kali smsan atau merokok sambil berkendara mungkin karena rasa cuek yang tinggi dan tidak peduli antara sesama pengguna jalanan

  9. gbr no 4; abg ginian yang bikin muak, gaya murahan sis!

    • setuju bro

  10. Setuju bro ! Dua jempol ” salam kenal ” baru ini aku mampir disini “

    • siiip salam kenal juga mas bro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: