Oleh: sugiyantokenz | April 12, 2013

Aiptu Jailani tilang anggota KPK hingga istrinya sendiri

news_image

berita Aiptu Jailani di koran jawa pos

ditengah-tengah ketidak percayaan masyarakat terhadap anggota dan kinerja polisi lalulintas ternyata masih ada setitik anggota Satlantas yang patut diacungi jempol atas kejujuranya dalam bertugas menjalankan amanah petugas kepolisian, Aiptu Jailani yang bertugas di Polantas Polres Gresik Jatim salah satu anggota satlantas yang masih mengandalkan kejujuran dan amanah sebagai penegak hukum di jalanan.

Aiptu Jailani, anggota Satlantas Polres Gresik, yang sempat menerima penghargaan dari Polda Jawa Timur karena kredit point dengan jumlah surat tilang terbanyak, yaitu 2400 surat tilang selama satu tahun. Itu artinya, setiap hari rata-rata dia menilang enam hingga delapan pelanggar lalu lintas.

Yang ditilang Jailani pun beragam, mulai dari warga sipil, petinggi polisi, TNI, wartawan hingga pejabat Pemkab Gresik. Bahkan, di tahun 2012, suami dari Rahmawati itu, pernah menilang seorang anggota KPK dan istrinya sendiri.

Saat itu, diceritakan Jailani, dia melihat mobil yang menerobos lampu merah, lalu saya kejar. “Saat mobil sudah saya hentikan, saya mencatat surat tilang, lalu si pengemudi keluar dan menyodorkan uang Rp 50 ribu kepada saya,” ungkap Jailani.

Mendapat uang itu, yang entah jebakan atau memang sengaja menguji kejujuran Jaelani, bapak dari Nilam AW (15) dan M Karim (13) itu menolak dan meminta yang bersangkutan mengikuti aturan yang berlaku.

Ditolak oleh si polisi, si pengemudi malah mengeluarkan tanda anggota KPK sambil meminta ‘damai’ yang padahal, mestinya anggota KPK yang notabene-nya petugas pemberantas tindak korupsi, men-support anti suap.

“Mesti begitu, ya tetap saya proses. Sebab cara mengemudinya, bisa membahayakan orang lain dan dirinya sendiri,” kata Jailani tanpa menyebut nama si pengemudi sambil memperagakan cara anggota KPK itu memperlihatkan identitasnya.

Tak hanya anggota KPK, Jailani juga pernah menilang seorang perwira dari Polda Jawa Timur yang tinggal di daerah Gresik. Gara-garanya, si perwira tersebut memarkir kendaraannya tepat di rambu larangan parkir. Padahal, mobilnya itu di depan rumahnya sendiri, yang berada tepat di pinggir salah satu jalan protokol.

Kemudian, keesokan harinya, sekitar pukul 06.00 WIB, Jailani yang melihat itu, mendatangi rumah si perwira dan mengetuk pintu rumahnya. Sang pemilik rumah marah dengan ulah Jailani dan menelepon Kapolres Gresik agar menindak tegas ulah Jailani.

“Saat itu, saya meminta surat-surat mobilnya untuk saya periksa dan beliau (si perwira Polda Jatim) bilang: Saya ini dari Polda loh Dik. Saya bisa saja meminta kapolres untuk memberi sanksi sama kamu. Tapi akhirnya beliau memahami soal aturan lalu lintas dan mengerti dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai petugas,” kata Jailani menceritakan pengalamannya.

Selanjutnya, kisah aksi tilang Jailani yang paling diingat oleh warga Gresik. Kisah Polantas kelahiran Jombang 44 tahun silam itu, ketika menilang sang istri, Rahmawati (45), warga Jalan Jaksa Agung Suprapto Gg 6D/23 pada bulan Maret 2012.

Saat itu, Jailani bertugas mengamankan Car Free Day (CFD). Istrinya yang dalam perjalanan pulang, melintasi gang kecil dan terjebak di jalur CFD. Oleh polisi lain, Rahmawati diarahkan keluar dari area CFD. Sayang, pelanggaran itu, diketahui suaminya yang tengah mensweeping pengendara motor yang melanggar rambu CFD.

Rahmawati pun mendapat tilang dari sang suami. “Untung hari itu, hanya teguran tilang simpatik saja, sehingga istri saya tidak sampai disidang. Dan untungnya juga, istri saya mau mengerti dan memahami tindak tegas saya. Justru dia mendukung aksi saya,” ungkap Jailani.  sumber : merdeka.com

terkenal-jujur-aiptu-jailani-diminta-jadi-kapolres-gresik

Aiptu Jailani

ternyata menjadi petugas kepolisian yang jujur itu juga bisa, dan juga nggak semuanya petugas kepolisian itu nggak bertingkah buruk cuman emang kebanyakan pada nggak bener memanfaatkan keadaan untuk mencari penghasilan lebih.

jangan seperti polisi korup dibawah ini yah…

sekian terimakasih semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat, salam sugiy


Responses

  1. kemaren nonton di tipi beritanya nih, josssssssssss point tilangnya 2400 kalau ga salah, welok

    • iyo bro ampuh jan, ora enek kata-kata 100 untukku dan 100 untuk negara, tilaang

  2. semoga semakin banyak polisi kaya gini

  3. Salut banget sama pak polisi ini…

    • beda sama om djoko susilo😀

      • maklum, istrinya gak sebanyak djoko susilo

  4. salut…. semoga makin banyak polisi yang tegas kaya gini

    • setuju bro semua oknum harus patuh tata tertib dan hukum yg berlaku

  5. oknum, wkwkwkwk. karena polisi ini lain daripada yg lain

  6. aq wong gresik brow… Wong2 podo sambat nek ngurus sim anyar… Prakteke angel tenan sak isoe pokok’e…

    • didaerahku gampang mas bero.
      Pokoknya ikuti aturan, “jangan lewat calo”.
      Kalo mau cepat minta bantuan polisi yg ada disekitar area pembuatan sim, paling kasih duit dikit sbg ongkos jasa.
      Sekali lg jangan lewat calo. Xixixi

  7. mantap bro

  8. Coba kalau polisi yang jujur kaya pak jailani di jadikan pimpinan, maka polisi pilisi lainnya akan mengikuti, meskipun ada aja yang nakal.
    Tapi jika atasannnya jujur, berhati nurani, dan benar benar sesui aturan, maka bawahannya pasti akan mengikutinya.

  9. itu br waw … pantas jd kapolri !!! …

  10. sadiiiiiiiiiiiiiiiiizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  11. Reblogged this on Maskur's blog and commented:
    Ya Allah perbanyaklah Polisi-polisi yang Tegas Berwibawa semacam ini.

  12. jossss😉

    http://potretbikers.com/2014/03/13/honda-supra-x-125-fi-hadir-di-surabaya-tgl-15-maret-2014/

  13. kebangetan.. istri sendiri ditilang😆

    Share: Kumpulan Aplikasi Penghitung Performa Motor
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/03/13/share-berbagai-software-pengehitung-performa/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: